Alga merupakan tumbuhan thallophyta yang tumbuh di perairan dan di darat khususnya di tempat-tempat lembab, seperti : kolam, danau, sungai, laut dan di tempat-tempat lembab ( batu, tembok, batang kayu, dsb). Ada juga yang hidup bersimbiosa dengan jamur, paku atau tumbuhan tinggi. Sifat hidup alga yaitu autotrof. Bentuk tubuhnya sel satu, berkoloni hingga bersel banyak.

Alga mempunyai banyak manfaat : bidang perikanan, pertanian, industri, makanan/minuman, industri farmasi, mikrobiologi, kosmetik, dan lingkungan (masalah pencemaran).

Dimasa datang : merupakan sumber-sumber bahan yang bermanfaat, contoh :

Chlorella – alga merah banyak mengandung karbohidtrat, lemak dan protein Ø Alga coklat – obat kanker dan sebagainya Ø  Kelompok Cyanophyta – kesuburan tanah dan pertanian untuk menfiksasi N dari udara. Ø Kelompok Alga diperairan – plankton (populasi mikroorganisme yang hidup bebas diperairan, pergerakannya tergantung adanya arus dan pergerakan air), penting untuk sumber makanan bagi ikan serta sebagai parameter perairan untuk menentukan kualitas perairan (zoo dan fitoplankton).

Pengklasifikasian alga berdasarkan kepada sifat fisiologi dari sel vegetatif dan morfologi dari sel-sel reproduksi. Salah satu sifat penting dari sel vegetatif ialah kandungan pigmen dari plastida yang menyebabkan warna alga berbeda-beda satu sama lain, hal ini tergantung dari banyaknya kandungan zat warna tersebut. Demikian pula dengan persediaan makanan yang terdapat dalam sel berbeda-beda dari tiap divisionya.

1. KLASIFIKASI

Berdasarkan pada pigmen spesifik yang terdapat dalam butir plastida, maka alga dapat dibagi dalam beberapa divisio :

  1. Chyanophyta
  2. Cholorophyta
  3. Chrysophyta
  4. Phaeophyta
  5. Rhodophyta

Smith (1955) membagi Devisio Chlorophyta kedalam dua kelas: (I) Chlorophyceae dan (II) Charophyceae. Pada kelas Chlorophyceae ia membagi menjadi sepuluh ordo dan kelas charophyceae hanya satu ordo. Sedangkan Fritsch (1945) membagi kelas Chlorophyceae kedalam sembilan bangsa (ordo).

Smith (1955)
Divisio : Chlorophyta

1)      Kelas : Chlorophyceae

  1. Volvocales
  2. Tetrasporales
  3. Ulotrichales
  4. Oedogoniales
  5. Ulvales
  6. Schizogoniales
  7. Chlorococcales
  8. Siphonales
  9. Siphonocladales

10. Zignematales

2)      Kelas : Charophyceae

  1. Charales Fritsch (1945)

1)    Kelas : Chlorophyceae

  1. Volvocales
  2. Chlorococcales
  3. Ulotrichales
  4. Cladophorales
  5. Chaetophorales
  6. Oedogoniales
  7. Conjugales
  8. Siphonales
  9. Charales