CIRI UMUM

Bryopsis hypnoides memiliki bentuk seperti pohon pakis yang halus. Kelompok bryopsis ini sangat dominan dalam populasinya. Species ini lebih kompetitif di area yang memilki masukan nutrisi yang banyak.

Bryopsis jenis ini memiliki system pertahanan.seperti pada caulepa taxifolia, genusnya menghasilkan pertahanan kimia yang berupa racun sehingga tidak dimakan oleh hewan herbivora. Oleh karena itu jika terjadi kondisi lingkungan yang demikian dapat mendukung cepatnya pertumbuhan spesies ini, sehingga kemungkinan hal ini yang menjadikannya lebih kompetitif dan dominan.

1.1. Struktur Utama

Diameter utama thallusnya sekitar 65-140 µm, dan percabangannya berdiameter 40-80 µm. fungsi vegetatifnya sebagai gametangia, species ini berumah dua (dioecious), dengan individu jantan berubah warna thallusnya menjadi hijau kekuningan dan individu betina warnanya menjadi hijau tua.

  1. HABITAT

Umumnya berada di dekat air tawar dan wilayah laut yang kaya akan nutrisi. Hidupnya melekat pada substrat yang keras seperti di bebatuan, batu basal, batu karang dan lain-lain.

  1. DISTRIBUSI

Pulau Hawai’i distribusinya meliputi : Barat laut pulau hawai’i, O’Ahu, Maui, Kaua’i, Lana’i, Moloka’i Dan pulau hawai’i.

Diseluruh dunia distribusinya meliputi : Australia, Samudra Atlantik,laut Mediterania,laut Caribbean, laut hindia dan samudra Pasifik.

  1. EKOLOGI

Bryopsis hypnoides pada umumnya hanya merupakan bagian kecil dari biomassa yang berbeda, dan dominan pada komunitas batu karang. Berkas filament dari alga ini biasanya ditemukan melekat pada bebatuan, dan pertumbuhan macroalga berjalan secara lambat. Seperti kebanyakan alga hijau. bryopsis jenis ini memiliki kesempatan hidup yang tinggi dalam keadaan eutrofik (daerah danau). Bryopsis Umumnya ditemukan di sekitar air tawar yang kaya akan nutrisi atau air yang memiliki temperatur fluktuatif (berubah-ubah) sehingga pertumbuhan alga hijau ini menjadi cepat dan akan memiliki biomassa yang tinggi.

Berkas Filament bryopsis tingginya hampir mencapai 10 cm dan pola percabanganya menyebar dan tidak teratur. Mempunyai percabangan primer yang banyak. Diameter thallusnya mengecil berdasarkan urutan divisinya.dan pada dasar thallusnya mengerut. System perakarannya berbentuk serabut,berpilin sangat rapat dan thallusnya berwarana hijau tua atau hijau gelap.