CIRI UMUM

Bryopsis pennata adalah alga yang struktur tubuhnya seperti bulu kecil yang sering ditemukan dikumpulan batu karang. Alga ini memiliki system pertahanan hidup, dengan kondisi lingkungan yang mendukung, pertumbuhan alga ini menjadi lebih cepat dan dominan sehingga lebih berpotensial untuk hidup.

Kelompok Bryopsis pennata yang serupa bulu dikelilingi oleh alga merah dan alga hijau lain.

Thallusnya berfilamen, didalam berkasnya terlihat seperti benang kusut, tingginya mencapai 10 cm. thallusnya seperti bulu, lebar sekitar 8-15 mm. Percabangannya menyirip, percabangan lateral alga ini memiliki panjang yang sama, mengerut pada dasar thallus bergabung sampai cabang utama. Percabangan dalam dua jalur yang berlawanan disetengah atas cabangnya (dikotom), diseparuh cabang bawah bentuknya sangat sederhana (telanjang),sistem rhizoid berserabut, seperti anyaman yang rapat. Berwarna hiau tua mengkilap, terlihat seperti warna biru muda.

1.1.  Struktur Utama

Diameter utama thallusnya antara 240-360 µm, diameter percabangan lateral 75-150 µm. fungsi vegetatifnya sebagai gametangia, species ini berumah dua (dioecious), dengan individu jantan berubah warna thallusnya menjadi hijau kekuningan dan individu betina warnanya menjadi hijau tua.

  1. HABITAT

Bryopsis pennata membentuk rumpun dan melekat pada batu basal, reruntuhan dibawah batu karang. Habitatnya dibawah garis pantai yang memiliki arus air gelombang yang rendah.

  1. DISTRIBUSI

Pulau Hawai’i distribusinya meliputi : Barat laut pulau hawai’i, O’Ahu, Maui, Kaua’i, Lana’i, Moloka’i Dan pulau hawai’i.

Di seluruh dunia distribusinya meliputi : Australia, Samudra Atlantik,laut Mediterania,laut Caribbean, laut hindia dan samudra Pasifik.

  1. EKOLOGI

Bryopsis pennata pada umumnya hanya merupakan bagian kecil dari biomassa yang berbeda, dan dominan pada komunitas batu karang. Berkas filament dari alga ini biasanya ditemukan melekat pada bebatuan, dan pertumbuhan macroalga berjalan secara lambat. Seperti kebanyakan alga hijau. bryopsis jenis ini memiliki kesempatan hidup yang tinggi dalam keadaan eutrofik (daerah danau). Bryopsis Umumnya ditemukan di sekitar air tawar yang kaya akan nutrisi atau air yang memiliki temperatur fluktuatif (berubah-ubah) sehingga pertumbuhan alga hijau ini menjadi cepat dan akan memiliki biomassa yang tinggi.

Bryopsis jenis ini memiliki system pertahanan. Seperti pada caulepa taxifolia, genusnya menghasilkan pertahanan kimia yang berupa racun sehingga tidak dimakan oleh hewan herbivora dan sangat mudah untuk bereproduksi secara vegetatif dari fragmen terkecilnya. Oleh karena itu jika terjadi kondisi lingkungan yang demikian dapat mendukung cepatnya pertumbuhan spesies ini, kemungkinan hal-hal tersebut yang menjadikannya lebih kompetitif dan dominan.

Bryopsis pennata terkenal sebagai suatu jenis ganggang hama di akuarium. Sering disebut sebagai pakis laut. Alga berbentuk bulu halus ini pada umumnya diperkenalkan ke aquarium sebagai alga yang hidup dibatu karang. Nutrisi yang kaya dalam aquarium menyediakan tempat yang sempurna dan merupakan faktor sangat mendukung cepatnya pertumbuhan dari Bryopsis pennata ini,oleh karena itu pengendalian terhadap habitatnya merupakan suatu tantangan tetap. Pertumbuhan yang tidak terkendali ini terjadi akibat nutrisi yang kaya di dalam aquarium dan tidak terdapatnya predator. Berdasarkan hal tersebut maka kondisi di dalam aquarium diharapkan serupa dengan habitatnya dibatu karang.