CIRI UMUM

  • Berwarna hijau, karena mengandung kloroplas (Plastida berpigmen hijau) dengan butir-butir pirenoid ditengahnya. Bentuk kloroplas ini pada beberapa genusnya berlainan, seperti bentuk spiral (Spirogyra), bentuk jala (Hydrodiction), bentuk bintang (Zygnema), bentuk ladam (Ulothrix), dan butiran atau himpunan kloropil yang tak teratur.
  • Butir-butir pirenoid berfungsi dalam fotosintesis untuk menghasilkan amilum (Pati). Dalam pengamatan mikroskop, pirenoid tampak sebagai butiran yang memantulkan cahaya dan berada ditengah-tengah kloroplas.
  • Sel-sel alga hijau sudah bersifat eukarion atau memiliki dinding nucleus. Tubuhnya ada yang bersel satu (Chlorella), berkoloni (Volvox), bersel banyak membentuk benang (Spirogyra), berbentuk lembaran (Ulva) dan ada yang serupa rumput (Chara).
  1. PERKEMBANGBIAKAN
  • Golongan alga hijau bersel satu (Pleurococcus/Chlorococcus) berkembangbiak secara vegetatif dengan membelah diri, sedangkan pada Chlorella dengan membentuk spora yang kemudian tumbuh menjadi sel alga baru.
  • Beberapa alga hijau bersel satu yang dapat bergerak bebas dapat melakukan perkawinan dengan konjugasi membentuk zygospora, sedangkan perkembangan vegetatifnya dengan membentuk zoospore, misalnya pada Chlamydomonas.
  • Golongan alga bersel banyak bentuk benang dan belum memiliki alat perkawinan, perkembangan vegetatif dengan fragmentasi tallusnya. Perkembangbiakan generatifnya konjugasi atau plasmogami (kawin plasma sel).
  • Golongan Chlorophyceae bersel banyak yang sudah memiliki alat kelamin jantan (anteridium) dan alat kelamin betina (oogonium), perkembangbiakan generatif dengan oogami (pembuahan sel telur oleh spermatozoid) terdapat pada alga Oedogonium. Bila anteridium dan oogonium terdapat dalam satu tallus maka disebut homothallus. Bila sebaliknya yaitu anteridium dan oogonium terpisah pada thallus yang berbeda, dinamakan heterothallus.
  • Golongan alga hijau tingkat tinggi, dalam satu thallus dihasilkan anteridium (globul) dan oogonium (nukul), sehingga perkembangbiakan generatifnya adalah oogami. Perkembangbiakan vegetatifnya dengan fragmentasi thallus.
  1. HABITAT
  • Chlorophyceae banyak hidup diperairan tawar, laut dan tempat-tempat lembab. Bahkan banyak yang membentuk simbiosis dengan lain(lichenes). Yang hidup diperairan sebagai fitoplankton, penting artinya dalam perikanan.